Anak Selalu Ceria Ketika Guru Selalu Tersenyum

Anatanews.com – Suatu ketika jalan jalan ke sebuah sekolah di Kota Makassar, tepatnya berada di area Tamalanrea, namanya Bright Star Independent School, anak anak dengan senangnya bermain di playground indoor, senyum tulus menyapa..begitulah kira kira gambaran sekolah sekolah anak pada umumnya.

Saat Anda melihat salah seorang teman Anda yang gemar tersenyum, apakah reaksi Anda? Anda pasti akan merasa lebih nyaman. Seakan-akan kebahagiaan hati yang terpancar dari senyum teman kita tersebut, akan menular di dalam hati kita. Senyuman tidak hanya ekspresi wajah, namun senyuman adalah gambaran dari suasana hati. Tersenyum bisa memberikan aneka manfaat positif bagi manusia.

Mengapa guru perlu menjadi pribadi yang murah senyum?

1. Menghangatkan suasana kelas
Dalam keadaan apa pun, seorang guru harus bisa tersenyum. Meski pun di rumah sedang dirundung masalah, suasana hati sedang tidak baik, namun seorang pendidik tidak boleh kehilangan raut wajah yang berhiaskan senyuman. Dengan senyuman, suasana kelas akan menjadi lebih hangat. Anak didik akan lebih merasa nyaman saat mereka melihat guru mereka tersenyum, sehingga menunjang semangat mereka dalam belajar di kelas.

2. Menambah kedekatan dengan siswa
Guru yang murah senyum biasanya akan lebih mudah dekat dengan siswa. Karena senyuman mengandung nilai sikap hati yang terbuka bagi siapa saja. Anak didik akan lebih nyaman mendekati guru yang murah senyum, apalagi bila sang guru bersedia bermain bersama anak-anak didiknya.

3. Hati lebih tenang
Meski pun hati sedang sedih, bila kita bisa “berjuang” untuk tetap tersenyum, maka lambat laun suasana hati kita pun akan terasa lebih damai. Senyuman memang bisa memberikan efek kenyamanan bagi diri sendiri. Tubuh menjadi lebih rileks, sehingga apa pun permasalahan yang sedang kita alami serasa lebih ringan.
Hati yang tenang sangat penting bagi kita. Apalagi di saat kita harus menasihati anak. Menunjukkan kepercayaan diri
Orang yang mampu tersenyum dalam keadaan panik, biasanya ia adalah pribadi yang penuh percaya diri. Maka agar Anda terlihat percaya diri di hadapan anak-anak didik Anda, teruslah memasang ekspresi wajah tersenyum, agar anak-anak didik Anda ikut merasakan kepercayaan diri Anda.

4. Menambah energi
Dengan tersenyum kita akan memberikan energi positif bagi anak-anak didik kita. Saat anak-anak didik kita mampu belajar dengan penuh semangat, maka energi positif yang mereka rasakan pun akan kembali kepada kita. Kita akan menjadi lebih kuat dan semangat dalam menjalani kesibukan kita.
Ayo perbanyak senyuman mulai sekarang! Hilangkan ekspresi wajah cemberut, karena bisa membuat anak-anak didik Anda takut kepada Anda. Semoga dengan tersenyum, Anda merasa bahwa Anda adalah orang paling bahagia. Artikel ini telah terbit di Dunia Belaja Anak.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *