Bright Star Makassar School Field Trip di Aquarium Milik Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin

Anatanews. Bright Star Makassar School secara rutin melakukan Karyawisata atau fieldtrip untuk siswanya dibeberapa tempat yang dianggap dapat memberi nilai tambah terhadap peningkatan pengetahuan anak didik.

Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya bagi anak karena anak memperoleh pengalaman dan kegiatannya secara langsung (direct experience), tidak hanya sekedar paparan atau uraian dari pendidiknya atau yang disebut verbalistik (pengalaman yang hanya dikatakan). Melalui karyawisata, anak juga dapat memperoleh kesempatan bereksplorasi dengan lingkungan secara leluasa dan bebas dengan menggunakan semua panca inderanya.

Saat ini siswa Bright Star Makassar School berada di kolam ikan milik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Hasanuddin. Mereka akan mengenali ikan bukan hanya gambar atau bentuk tiruan ikan tetapi anak melihat, mengamati bahkan mendengar bagaimana ketika ikan menghirup udara. Sekelompok anak yang lain selain mengamati mungkin ingin tahu bagaimana reaksinya jika ingin tahu bagaimana reaksinya jika ingin diberi makanan kesukaannya seperti yang kita beli dari toko ikan hias. Program ini menunjukkan betapa karyawisata memiliki kelebihan metodologis yang tinggi untuk meningkatkan keterlibatan anak dalam kegiatan belajarnya. Oleh karena itu, cara ini memang sangat efektif untuk menstimulasi berbagai potensi panca indera anak. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik pembelajaran akatif di mana anak distimuli segenap potensi panca indera anak. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik pembelajaran aktif di mana anak distimulasi segenap potensi panca inderanya kata Madam Yani selaku Kepala Sekolah Bright Star Makassar School, yang ikut mendampingi anak anak Preschool (KB) dan Kindergarten (TK) di lokasi field trip.

Field trip kali ini, dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 25 s.d 28 Februari 2019, dibagi kedalam 4 (empat) kelompok, ini didesign untuk lebih mengoptimalkan tujuan yang ingin kita capai dalam setiap kunjungan seperti ini, beberapa field trip yang dilakukan dilokasi yang berbeda sebelumnya dilakukan sekaligus, sehingga ada hal yang dianggap kurang disitu. Tentunya dengan fieltrip dilakukan terpisah sesuai tingkatan kelas, dapat lebih efektif, anak anak dapat dikuasai dengan baik, dll.

Terima kasih kepada Bapak Dr. Ir. Syafiuddin, M.Si selaku narah sumber; Haryana Umrah, ST; Rosmaniar, S.Si; Huyyimah, SP, MP ; Isyanita, S.TP, MM masing masing selaku pembimbing dari pihak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Hasanuddin atas kesediaannya menerima kami selama 4 (empat) kunjungan kelokasi Aquarium, pungkas Madam Nuryani, S.Pd, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *