Demokrasi Internet di Mata “Ilo Paulangi”

Anatanews.com. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menunjukkan jumlah pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 mencapai 132,7 juta atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia. Artinya, lebih dari setengah penduduk Indonesia saat ini adalah pengguna internet. Terdapat ratusan situs berita, 120 jutaan pengguna facebook, 50 jutaan pengguna twitter dan 120 jutaan pengguna whattsapp.

Ini adalah ruang publik baru (new public sphere) yang sangat besar dan berbasis internet, sebagai sarana komunikasi, sarana beropini, adu argumentasi, juga proses deliberasi (musyawarah), untuk membangun kesepahaman dan konsensus. Sekaligus juga bemakna bahwa proses demokrasi kita akan sangat dipengaruhi oleh warga masyarakat maya (internet society). Sehingga kualitas demokrasi setidaknya juga ditentukan oleh masyarakat dunia maya.

Ingat, penggunaan media sosial akan sangat ramai digunakan dalam momentum Pilkada serentak di seluruh Indonesia. Media sosial akan semakin ramai digunakan membangun opini publik untuk pemenangan kandidat masing-masing. Dalam hal ini, tentunya sangat diperlukan sikap bijak bagi semua warga. Karena ruang publik politik termasuk ruang publik media sosial, sebenarnya adalah bertujuan untuk membangun kesepahaman, integrasi sosial (persatuan), termasuk meningkatkan kualitas demokrasi. Kita berharap jangan sampai menjauh dari tujuan ini.

#literasi media sosial
#pilkada serentak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *