Pengaruh Negatif Gadget Bagi Anak

Anatanews.com. Tekhnologi sangat membantu dan mempermudah kita dalam segala hal, khususnya  berkomunikasi dan informasi, dengan Gadget Smartphone kita dapat berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun dengan mudah, dengan terkoneksi internet kita dapat akses informasi apa saja yg kita inginkan. Tapi yang menggunakan gadget adalah anak- anak dibawah usia dini, tentunya ada banyak resiko

Resiko Paparan Radiasi

Perlu diketahui ancaman masalah mata sering mengintai bagi yang terlalu sering dalam menggunakan Gadget setiap harinya. Digital Eye Strain (DES) atau Ketegangan Mata Digital yang menjelaskan kondisi mata bermasalah akibat perangkat digital. Gejalanya antara lain mata kering, iritasi, penglihatan kabur, mata lelah, sampai terjadinya sakit leher dan punggung, juga sakit kepala.

Sejumlah penelitian mengatakan Pancaran cahaya monitor gadget kepada anak lebih rentan resikonya daripada orang dewasa dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata anak. Sedangkan paparan radiasi sinyal gadget berpengaruh pada perkembangan neuron anak.

Resiko Ketagihan/ Kecanduan

Dunia gadget memang mengasyikkan bagi anak- anak, segala macam permainan game tersedia disana yang membuat anak- anak lupa akan waktu. Penelitian menemukan, gadget dapat membuat seseorang ketagihan atau kecanduan , ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tetapi juga berlaku bagi anak-anak. Jika sudah kecanduan anak- anak akan lupa waktu untuk makan, belajar, bermain dan aktifitas bermanfaat lainnya.

anak- anak yg lupa makan berpengaruh terhadap kesehatannya karena asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu .

Resiko perubahan mental

Kebiasaan anak- anak yang menggunakan gadget sebagai permainannya tidak akan mempunyai gairah lagi untuk bermain diluar dengan teman sebayanya.Sehingga ia tidak mempunyai kemampuan berkomonikasi yang baik dengan orang disekitarnya yang membuat di menjadi tersisih dari teman sebayanya.

itu membuat perkembangan sosial anak tidak normal. Ia bisa menjadi anak yang antisosial.

Resiko Lambat Belajar

Survey membuktikan anak- anak yang sering bermain gadget maka akan mempengaruhi kemampuan menangkap pelajaran disekolah, sehingga ia tidak konsentrasi dalam pelajarannya disekolah.

Umumnya, anak-anak menggunakan gadget untuk menonton atau bermain dengan gambar gerak cepat. Baik itu tayangan video maupun game, semuanya adalah gerak cepat. Nah, jika anak terbiasa menikmati tayangan gerak cepat seperti itu, maka ia akan kesulitan menyerap informasi atau pembelajaran dari gerak lambat seperti buku atau keterangan guru di kelas.

Resiko  Tayangan yang tidak pantas

Anda tentu mengetahui didunia internet banyak sekali iklan- iklan yang bertebaran, baik itu iklan- iklan game yg bertema kekerasan dan iklan- iklan konten dewasa. iklan ini kadang dan sering muncul tanpa kita sengaja dan bisa muncul setiap saat. Tidak menutup kemungkinan anak- anak anda yang melihat iklan itu akan meng kliknya/ membukanya. Oleh karena itu banyak anak- anak yang memainkan game-game kekerasan atau game yang berbau konten dewasa , ini sangat berbahaya bagi anak- anak.Kekerasan dan pornografi adalah dua hal yang sangat negatif bagi anak. Dan menurut penelitian, banyak anak yang mengaksesnya karena unsur ketidaksengajaan dari penggunaan gadget seperti itu.

Nah lalu bagaimana orang tua yang sudah terlanjur membelikan gadget pada anak- anaknya, tindakan yang terbaik adalah membatasi penggunaannya, memberikan penjelasan masukan- masukan yang positif  dan selalu dampingi anak dalam penggunaan gadget. .(sumber : Armada Berkah.com, http://keluargacinta.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *